Sunday, October 21, 2012

VISUALISASI INFORMASI


A.     PENGENALAN VISUALISASI INFORMASI

        I.            DEFINISI

Pengertian Visualisasi Informasi

Secara Umum Visualisasi adalah rekayasa dalam pembuatan gambar, diagram atau animasi baik yang bersifat abstrak maupun nyata untuk menampilkan suatu informasi.
Menurut McCormick et al., 1987 Visualisasi adalah sebagai berikut:
-          Metode penggunaan komputer untuk mentransformasi simbol menjadi geometrik.
-          Memungkinkan peneliti mengamati simulasi dan komputasi.
-          Memberikan cara untuk melihat yang tidak terlihat.
-          Memperkaya proses penemuan ilmiah dan mengembangkan pemahaman yang lebih dalam dan tak diduga.
-          Dalam berbagai bidang telah merevolusikan cara ilmuwan meneliti sains.
             Dari [Card,Mackinlay Shneiderman ' 98].      

Visualisasi adalah  Penggunaan komputer-pendukung, penggambaran data visual interaktif untuk memperkuat pengamatan.


Contoh dari hal ini meliputi lukisan di dinding-dinding gua dari manusia purba, bentuk huruf hiroglip Mesir, sistem geometri Yunani, dan teknik pelukisan dari Leonardo da Vinci untuk tujuan rekayasa dan ilmiah, dll.

Apa itu "Informasi ?"
-     Item-item, entity-entity, hal-hal yang tidak memiliki korespondensi fisik secara langsung.
-          Hasil olahan data
-          Suatu konsep yang digunakan di banyak tempat
-          Data yang bermanfaat bagi orang yang menerimanya
-          Data yang menyediakan jawaban dari pertanyaan 5W+1H   


Jadi, Visualisasi Informasi adalah suatu metode penggunaan komputer untuk menemukan metode terbaik dalam menampilkan data untuk mengingat informasi dengan cara penerimaan alami manusia serta memberikan cara untuk melihat data yang sulit dilihat dengan pemikiran sehingga peneliti bisa mengamati simulasi dan komputasi, juga memperkaya proses penemuan ilmiah dan mengembangkan pemahaman yang lebih dalam dan tak diduga, Contoh, struktur tree dan grafik.





     II.            PRINSIP

Prinsip Umum Visualisasi Informasi ada 5 Yaitu :
·         Fokus pada konten
·         Perbandingan
·         Integritas
·         Resolusi tinggi
·         Utilisasi konsep terdahulu dan teruji melewati waktu

Ada beberapa prinsip umum yang harus diingat ketika mendesain data grafis :

·         Show the data : data grafis harus menarik perhatian pada rasa dan substansi data bukan untuk sesuatu yang lain (Tufte, 1983).

·         Simplify : Pilih grafis yang paling efisien mengkomunikasikan informasi dan menggambar sesederhana mungkin

·         Mengurai Kekacuan : kekacauan berasal dari dua sumber. Sumber pertama adalah tanda di gambar yang hanya kerumunan ruang atau mengaburkan data. Sumber kedua dari adalah dekorasi dan hiasan artistik.

·         Merevisi : Setiap penulis yang baik akan memberitahu anda bahwa kerja keras menulis adalah menulis ulang.

·         Be honest : Sebuah grafis menyatakan kebenaran ketika “representasi visual data konsisten dengan representasi numeric.

                    Mengapa Visualisasi Informasi sangat dibutuhkan oleh kita?

·          Pengenalan pola; manusia lebih mudah mengingat dan mencerna informasi yang ada melalui gambar/pola tertentu

·         Gambar memungkinkan pembandingan dengan: panjang, bentuk, orientasi, tekstur

·         Gambar animasi membedakan perjalanan waktu

·          Warna membantu perbedaan







   III.            CONTOH – CONTOH

Cuaca kota New York
2220 angka
Tufte, volume





Data Pegunungan
Video
Buku-buku
Demonstrasi









  IV.            TEKNIK

Ø  PENGUMPULAN JUMLAH
Mengakumulasi elemen individual ke dalam sebuah unit yang lebih besar untuk menghadirkannya seperti sesuatu yang utuh/lengkap.

Ø  OVERVIEW DAN DETAIL
Menyediakan baik tinjauan global maupun kemampuan detail zooming.

Ø  FOKUS + KONTEKS
Menunjukkan detail dari satu atau lebih daerah di dalam sebuah konteks global yang lebih besar (eg, fisheye).

Ø  DRILL-DOWN
Memilih item individual atau set yang lebih kecil dari sebuah tampilan untuk sebuah pendapat detail / analisis.

Ø  BRUSHING
Memilih atau menunjuk / memspesifikasikan nilai, kemudian melihat item yang tepat di tempat lain pada tampilan.


B. HIRARKI VISUALISASI

Urutan dari item-item dimana item tertentu merupakan induk atau moyang dari item lainnya. Contoh : Sistem Berkas Folder / direktori dengan folder / subdirektori dan berkas didalamnya.

                    I.            PANDANGAN POHON TRADISIONAL

Hirarki (jabatan) sering kali direpresentasikan sebagai pohon. Akar berada di puncak, daun-daun berada di paling bawah (dasar)

Contoh representasi :


                 II.             ALTERNATIVE,

-          Cheops



-          Pohon Kerucut



-          Geometri Hiperbolik (Pohon Hiperbolik)


               III.            PANDANGAN SPACE FILING

a.       Representasi isi ruang/ Treemap

o   Representasi isi ruang dikembangkan oleh Shneiderman dan Johnson

o   Anak tergambar dalam orang tua mereka / Anak “dikandung” dibawah orang tua

o    Horisontal dan Vertikal alternatif mengiris pada setiap tingkat kesuksesan

o   Contoh: Pem-visualisasi file dan direktori

Putih – direktori-direktori

Berwarna – file-file



                  Hasil Treemap (peta pohon) :

o   Gambaran yang baik dari dua atribut : warna dan daerah.

o   Tidak sebaik pada penggambaran struktur


b.      Sunburst / Teknik Mengisi-Ruang Membulat

o   Mem-visualisasikan struktur file dan direktori

o   Akar dari direktori berada di tengah

o   Warna – tipe file

o   Sudut – ukuran file/direktori











DAFTAR PUSTAKA :


No comments:

Post a Comment