Wednesday, December 4, 2013

Cara instal android di komputer atau di laptop dengan bluestacks

Saya lakukan penginstalan nya di komputer tapi penginstalan android dengan bluestacks di laptop cara nya sama saja. Sudah dua postingan yang terkait dengan cara instal android di pc laptop atau komputer dengan berbagai aplikasi seperti android sdk emulator, android dengan bluestacks dan android x86. Diantara ketiga nya masing-masing mempunyai kelebihan dan kelemahan nya tergantung cara kita menilainya.

Untuk kali ini saya berikan sebuah tutorial singkat tentang bagaimana cara instal android di laptop atau komputer di sistem operasi windows dengan menggunakan bluestacks. Apa itu bluestacks ? bluestacks adalah sebuah aplikasi android emulator yang bisa di gunakan di windows jadi kita bisa menggunakan android di laptop atau komputer berbarengan dengan windows. Versi Windows apa saja yang bisa di instal bluestacks ? Windows yang bisa digunakan bluestacks yang saya tau antara lain, windows xp SP3, Vista, windows 7 dan windows 8.

Update : Minimal Komputer atau pun laptop berdasar pada sumber getsatisfaction.com | getsatisfaction.com 2 adalah sebagai berikut :
1. RAM 1GB
2. Graphic atau VGA 256/512MB
3. Netframewrok 2.0 sp 2 sudah di install jika belum bisa di download di http://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=1639
4. Netframework 4.0 download di http://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=17718


Disini akan memberikan tips cara instal android emulator di windows 8 dengan bluestacks dan spesifikasi komputer yang sedikit kurang memadai speks nya rendah, karena vga nya onboard dan tidak HD maka saya menggunakan bluestacks versi yang terdahulu bluestacks beta 0.7.0721. Dan berikut spesifikasi komputer yang saya gunakan.

Sistem Operasi : Windows 8
Prosesor : Pentium Dual CPU 1.80 GHz x2
Graphic/vga : 256 MB onboard intel G33
RAM/Memory : 1024 MB atau 1GB

bluestacks versi 070721 beta

Cara instal bluestacks di windows :

1. Download bluestacks disini atau jika komputer atau laptop dengan speks yg rendah bisa download versi bluestacks yang lama disini, windows yang saya gunakan adalah windows 8.
2. Buka aplikasi nya atau instal aplikasi dengan klik dua kali klik accept ... Jika nanti ada pilihan untuk seperti app notification dan in purchase app nah yang itu bebas saja mau dipilih atau tidak juga tidak apa-apa.
Instal bluestacks
3. Klik tombol install dan tunggu hingga proses selesai.
4. Jika pada saat instal bluestacks sedang berjalan ada pesan error seperti "your graphics hardware or dirvers do not support apps ......" klik ok saja. Jika bluestacks terus melanjutkan penginstalan maka bluestacks akan instal secara normal tapi jika pada saat di klik ok bluestacks tidak mau berjalan atau malah rolling back install maka bluestacks tidak akan terinstal. Untuk itu update driver vga nya ke versi yang lebih baik atau download ulang aplikasi bluestacks dengan versi yang lebih lama.
bluestacks graphics problem error
5. Jika instal sudah selesai maka bluestacks secara otomatis akan membuka sendiri aplikasinya, Y udah kita mainkan saja android dengan bluestacks nya.
6. Atau jika bluestacks tidak running secara otomatis ya kita klik aja aplikasi nya di desktop atau di program files.
7. Untuk cara instal aplikasi android di pc aplikasi atau apk android seperti whatsapp messenger atau yg lainnya di bluestacks bisa dilakukan dengan download aplikasi atau app apk android ke komputer dan kemudian klik dua kali aplikasi nya yg akan di instal maka app android akan langsung secara otomatis terinstal ke bluestacks, atau dengan langsung download atau instal aplikasi di bluestacks nya sendiri.

Sumber: http://sejenisinfo.blogspot.com/2013/04/cara-instal-android-di-laptop-dengan.html#ixzz2mW98IjgQ

1 comment: