Thursday, April 24, 2014

Fitur Fitur Android

Berikut ini berbagai fitur dari sistem operasi Android :
  1. Rancangan handset Platform disesuaikan dengan kebutuhan VGA (Video Graphics Adapter) yang lebih besar, library grafis 2D dan 3D yang berdasarkan pada spesifikasi OpenGL ES 1.0 serta layout smartphone yang tradisional.
  2.  Penyimpanan Android menggunakan software database SQLite sebagai penyimpanan data.
  3. Konektivitas Android mendukung berbagai teknologi konektivitas, seperti GSM (Global System for Mobile Communications) / EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution), CDMA (Code Division Multiple Access), EV-DO (Evolution-Data Optimized), UMTS (Universal Mobile Telecommunications System), bluetooth dan Wi-Fi (Wireless Fidelity).
  4. Pesan Android mendukung pengiriman pesan dalam bentuk SMS (Short Message Service) dan MMS (Multimedia Messaging Service).
  5. Web browser Web browser yang tersedia di Android berdasarkan pada framework aplikasi open sourceWebKit.
  6. Dukungan Java Software yang ditulis dalam bahasa Java dapat dikompilasi dan dieksekusi pada mesin virtual Dalvik, yang merupakan implementasi dari VM (Virtual Machine) yang dirancang khusus untuk penggunaan perangkat bergerak.
  7. Dukungan media Android mendukung beberapa format audio/videoseperti: H.263, H.264 (dalam kontainer 3GP atau MP4), MPEG-4 SP, AMR, AMR-WB (dalam kontainer 3GP), AAC, HE-AAC (dalam kontainer MP4 atau 3GP), MP3, MIDI, OGG Vorbis, WAV, JPEG, PNG, GIF dan BMP.
  8. Dukungan hardwarelainnya Android mendukung penggunaan kamera, layar sentuh, GPS (Global Positioning System), accelerometers, magnetometers, akselerasi 2D bit blits(dengan orientasi hardware, scaling, konversi format piksel) dan akselerasi grafis 3D.
  9. Lingkungan Development Android menyediakan perangkat emulator, debugger, memori dan profil kinerja yang tersedia pada pluginEclipse IDE (Integrated Development Environment).
  10. Market Mirip dengan App Storepada iPhone OS, Android Marketadalah sebuah katalog aplikasi yang dapat di-downloaddan diinstal pada telepon seluler secara online, tanpa menggunakan PC (Personal Computer). Awalnya hanya aplikasi gratis saja yang didukung. Dan sejak tanggal 19 Februari 2009 aplikasi berbayar telah tersedia di Android Marketuntuk Amerika Serikat.
  11. Multi-touch Android memiliki dukungan bawaan untuk multi-touchyang tersedia pada handsetterbaru, seperti HTC Hero. Pada awalnya fitur tersebut dinonaktifkan pada levelkernel (mungkin untuk menghindari pelanggaran paten terhadap teknologi layar sentuh Apple). Sejak Google merilis updateuntuk Nexus One dan juga berencana untuk merilis updateuntuk Motorola Droid yang memungkinkan multi-touch.

No comments:

Post a Comment